Seri PMM- Pendidikan Inklusif
1. Identifikasi masalah
berdasarkan data
Identifikasi permasalahan atau
tantangan apa yang dihadapi dalam upaya menyelenggarakan
program pembelajaran untuk semua yang dapat
mengakomodir karakter dan kebutuhan peserta didik yang beragam.
Perumusan masalah harus berdasarkan data yang ditemukan di lapangan, permasalahan yang muncul
dapat berkaitan dengan mengenali kebutuhan
khusus peserta didik, merancang pembelajaran yang sesuaidengan kebutuhan, atau
terkait dengan penyediaan akomodasi yang layak.
2. Identifikasi unsur yang terlibat
Selain unsur-unsur dalam satuan pendidikan, apakah adunsur di
luar satuan pendidikyang perlu dilibatkan. Setela diidentifikasi, mulailah melakukan
komunikasi awal dengan semua unsur
yang terlibat.
3. Rumuskan tujuan kolaborasi
Bersama semua unsur di dalam
satuan pendidikan, rumuskan tujuan
kolaborasi berdasarkan permasalahan yang
dihadapi. Untuk menumbuhkan kepemilikan terhadap program kolaborasi yang akan dijalankan, setiap unsur diharapkan memberikan masukan terhadap
perumusan tujuan kolaborasi.
4. Tentukan ukuran keberhasilan kolaborasi
Selanjutnya secara bersama-sama,
semua unsur yang terlibat
menentukan ukuran atau indikator tercapainya tujuan kolaborasi. Hal ini penting untuk dilakukan agar terjadi kesepahaman tentang apa yang
menjadi tujuan bersama dan tolok
ukurnya.
5. Tetapkan tugas dan tanggung jawab
Tugas dan tanggung jawab
masingmasing unsur perlu ditetapkan dan diketahui oleh semua pihak, agar tidak ada tumpang tindih atau
saling melempar tanggung jawab.
Buatlah kesepakatan tentang
bagaimana berkoordinasi dan
berkomunikasi selama proses
kolaborasi berlangsung.
6. Susunlah Langkah-Langkah dan
linimasanya
Susun langkah-langkah tindakan (action plan) serta linimasanya. Tetapkan juga prosedur pemantauan kemajuan proyek dan mekanisme pelaporan kemajuan proyek.
ADS HERE !!!