Seri PMM- Pendidikan Inklusif
1. Buat kesepakatan kelas yang jelas dan dibuat bersama oleh guru dan peserta didik.
Kesepakatan ini perlu disertai konsekuensi bagi yang melanggar. Kesepakatan ini dibuat di awal tahun ajaran dan terus diterapkan secara konsisten. Jika ada perubahan yang perlu dibuat, semua warga kelas harus terlibat dalam perubahan tersebut. Konsekuensi juga berlaku bagi guru jika melanggar kesepakatan.
2. Pastikan peserta didik siap belajar. Sebelum pembelajaran dimulai kesiapan belajar dapat
dilakukan melalui:
- Latihan pernapasan yang membuat peserta didik tenang dan berkonsentrasi
- ngobrol santai dengan peserta didik setelah pembukaan kelas bersama-sama
- Membaca sebuah cerita pendek menarik bersama, dan sebagainya.
3. Jadilah panutan di kelas. Guru harus mencontohkan perilaku yang baik termasuk berbicara santun dan sopan, datang tepat waktu,memulai kelas tepat waktu, mencontohkan gaya hidup bersih dan sehat, dan sebagainya.
4. Bangun hubungan positif dengan peserta didik.
Sering mengadakan obrolan ringan, hal yang mereka suka, mendengarkan cerita dan keluhan mereka, menjadi guru yang bisa dipercaya, dan siap membantu mereka ketika mereka butuhkan.
5. Rencanakan dan siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Misalnya untuk pembelajaran selama sehari. Dengan demikian, guru akan menjadi lebih efisien dan terarah. Namun demikian, guru juga perlu fleksibel dan mengubah rencana tergantung situasi yang dihadapi di kelas.
6. Pastikan tiap peserta didik belajar sesuai tingkat kemampuan masing-masing. Misalnya, peserta didik yang baru bisa membaca dan menulis. Hindari meminta peserta didik membuat kalimat tanya atau perintah karena belum sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Materi yang diberikan boleh sama namun dengan metode atau pendekatan yang berbeda tergantung kemampuan peserta didik.
7. Dorong pola pikir berkembang. Peserta didik memerlukan pujian atas upaya sungguh-sungguh yang dilakukan peserta didik atau sikap baik yang mereka tunjukkan. Berikan pujian yang spesifik, misalnya:
“Kamu sudah membaca dengan lebih baik sekarang. Ibu perhatikan belakangan ini kamu banyak berlatih dengan temanmu. Pertahankan terus kebiasaan baik ini, ya”
8. Upayakan ada rutinitas yang bisa diikuti peserta didik sepanjang hari yang diterapkan secara konsisten. Misalnya, peserta didik membaca secara hening dan berbagi apa yang dibaca sebelum pembelajaran inti dimulai, dan sebagainya.
9. Beri pujian dan penghargaan. Jangan ragu untuk memberikan pujian kepada peserta didik ketika mereka melakukan hal baik ataupun berhasil mengerjakan tugas yang diberikan.
ADS HERE !!!