Hal utama memaknai rapor pendidikan adalah semangat asesmen nasional yaitu semangat peningkatan kualitas kompetensi bukan hanya sekedar peningkatan nilai.
Numerasi adalah kemampuan mengaplikasikan konsep dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah praktis dalam konteks kehidupan sehari hari. Selain itu numerasi adalah kemampuan menganalisis dan menginterpretasi informasi kuantitatif yang ada di sekeliling kita. Misalnya dalam bentuk grafik, tabel, bagan lalu menginterpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.
Numerasi dalam rapor pendidikan:
Nilai 1.00-1,39 jauh dibawah kompetensi minimum
1,40 -1,79 50% dibawah kompetensi minimum
1,80- 2.09 mencapai kompetensi minimum, sebagian besar
2,10 – 3.00 diatas kompetensi minimum cukup banyak Cakap
Tahapan profil
Perlu intervensi :hanya memiliki pengetahuan matematika terbatas, seperti konsep parsial dan perhitungan terbatas
Dasar :memiliki keterampilan dasar matematika seperti perhitungan dasar, konsep dasar geometri, dan statistika mampu menyelesaikan masalah matematika sederhana yang rutin
Cakap : mampu mengaplikasikan pengetahuan matematika yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam
Mahir : Peserta didik mampu bernalar untuk menyelesaikan masalah kompleks non rutin berdasarkan konsep matematika yang dimilikinya.
Oleh sebab itu satuan pendidikan dapat melakukan strategi penguatan numerasi dengan melakukan pengembangan terhadap materi pembelajaran yang sudah ada.
Pendekatan yang dapat mengakomodasi adalah dengan numerasi lintas mata pelajaran yaitu peran aktif dari guru mata pelajaran non matematika untuk melakukan penguatan numerasi dalam mata pelajar yang diampunya dan berkolaborasi dengan guru lain mengenai numerasi dalam kurikulum pada semua mata pelajaran.
Artinya menanamkan dan menerapkan konten penguatan dan alur pelajaran numerasi dalam setiap mata pelajaran.
Pendekatan numerasi sebagai berikut
Mengidentifkasi yang dapat dilakukan penguatan dalam mata pelajaran selain matematika.
Merancang pengalaman dan peluang belajar yang mendukung pengetahuan dan keterampilan matematika umum dalam mata pelajaran selain matematika.
Merancang pengalaman dan peluang belajar yangmenggunakan istilah dan terminology non matematika yang tepat dalam mata pelajaran selain matematika
ADS HERE !!!